BERAMAL LEWAT TULISAN

Selasa, 26 November 2013

BIKIN VISA MYANMAR, SIAPA TAKUT



Sepuluh Negara ASEAN sudah aku jelajahi, semuanya tanpa Visa kecuali negara yang satu ini, Myanmar. Duh aduh bikin repot aja. Pasalnya aku kan tinggal di Malang, sedangkan kalau bikin Visa Myanmar harus ke Jakarta. Males banget, karena harus ngeluarin biaya lagi untuk transportasi dan akomodasi selama di Jakarta menunggu sampai Visa dikeluarin oleh Kedutaan Myanmar. 

Ternyata bagi kita-kita yang berdomisili di sekitaran Bali dan Surabaya, tidak perlu repot untuk bikin Visa Myanmar. Mengapa begitu, karena ada salah satu travel agent yang bisa membantu proses pembuatan Visa tersebut dengan biaya cukup murah. Dialah Vayatour Cabang Surabaya. Yuk, kita telusuri prosesnya. 


VISA MYANMAR

Aku pernah masuk wilayah Myanmar tanpa Visa, tapi masuknya dari Mae sai (Thailand Utara) melalui Border Tachileik (Myanmar). Untuk masuk ke Tachileik diperlukan paspor, kemudian setelah membayar resmi 500 Bath di Imigrasi Tachileik, paspor akan ditukar dengan entry pass untuk kunjungan satu hari di sekitaran kota kecil Tachileik.

Kali ini aku akan ke Myanmar dalam rangka menyaksikan Perhelatan Akbar Pesta Olah Raga se-Asia Tenggara, SEA GAMES ke-27 yang Opening Ceremony nya akan dilaksanakan pada tanggal 11 bulan 12 tahun 2013 ''11-12-13'. Sambil menyelam minum air, itu adalah ungkapan yang paling tepat. Disamping bisa menyaksikan even Sea Games, sekalian juga bisa meng-eksplore 'Golden Land' Myanmar.

Untuk masuk ke wilayah Myanmar ‘secara leluasa’ harus punya Visa yang dikeluarkan Kedutaan Myanmar. Sebelumnya pernah diberlakukan VoA (Visa on Arrival), namun sekarang tidak lagi. Visa yang dikeluarkan Kedutaan bisa untuk masuk ke Myanmar melalui Bandara Yangon (Ibukota lama), Mandalay dan Nay Pyi Taw (Ibukota baru). 


SERBA SERBI VISA MYANMAR

Visa Myanmar berlaku dalam masa 3 (tiga) bulan, dan sebagai turis diperbolehkan tinggal hanya 28 (dua puluh delapan) hari saja. Untuk mengajukan Visa dibedakan antara urusan bisnis dan sebagai turis. Berikut ini adalah detailnya : 

Visa untuk turis
  • Passpor minimum masih berlaku 6 bulan
  • Surat Sponsor dari Perusahaan dalam bahasa Inggris 
  • Foto 4 x 6 = 2 lembar berwarna, background putih & terbaru 
  • Print out Tiket (pp) 
  • Copy Kartu Keluarga & KTP 
  • Mengisi Formulir Visa lengkap dan tanda tangan di situ 
  • Bookingan hotel 
  • Itinirary (rencana perjalanan)
  • Copy data keuangan 3 bulan terakhir

Visa untuk Bussiness

Syarat sama dengan Visa untuk turis, namun ada tambahan yaitu Surat undangan dari Myanmar. Biaya bikin Visa (single entry) urus langsung di Kedutaan Myanmar, yaitu 275 ribu untuk turis dan 435 ribu untuk bisnis. Lama pengurusan rata-rata 4 (empat) hari kerja.

Urus datang sendiri dan surat sponsor dialamatkan ke Visa Officer, Embassy Republic of The Union of Myanmar, Jl. H. Agus Salim No. 109, Jakarta - Indonesia.


BIKIN VISA MELALUI TRAVEL AGENT

Aku beruntung sekali bisa bikin Visa Myanmar melalui travel agent tanpa harus datang sendiri ke Jakarta. Vayatour di Surabaya dapat membantu pengurusan Visa. Datang aja langsung ke kantornya di RUKO ICON 21 Blok S - 25, Jl. Ir. Sukarno Hatta, MERR TIMUR. Tel. 031 99005069 (hunting), Fax No 031 99005060 dan 031 99005070 atau di kantor lainnya, VAYATOUR Tunjungan Plaza Lt.1 (dekat Coffee Bean dan Sheraton Hotel), Tel. 031-5318109 buka mulai 08.30 - 22.00. Jangan lupa hubungi contact person-nya, Nanda. (Note :  pada Oktober 2015, aku pernah berkunjung di kedua kantor tsb. tetapi sayang sudah tidak ada lagi).

Dokumen yang dibawa adalah seperti yang aku sebutin di atas tadi. Serahkan semuanya pada Nanda dan beliau akan membuatkan tanda terimanya tanpa harus membayar biayanya lebih dulu. Kemudian menandatangani form pengajuan visa yang diterbitkan Kedutaan Myanmar yang ada nomor registernya (pengisian form dari Vayatour). Idealnya, ajukan Visa satu bulan sebelum tanggal keberangkatan.

Untuk mengajukan Visa Myanmar harus mempunyai kiat-kiat tertentu agar dokumen lengkap dan 99% disetujui. Apa itu kiat-kiatnya ? Maaf, aku nggak bisa uraikan di sini.

Berkas pengajuan Visa akan dikirim ke Jakarta dan akan selesai dalam 10 (sepuluh) harian, dengan biaya Rp. 353.500 (350 rb + VAT 3500). Terjangkau bukan ? daripada harus urus sendiri ke Jakarta biayanya pasti lebih banyak. Pada tulisan ini, aku sisipkan contoh-contoh dokumen yang harus dilengkapi. Selamat mencoba bagi yang ingin menjelajah Negeri Sejuta Pagoda, Myanmar.

Info Penting : 

Pada KTT ASEAN ke-24 di Myanmar International Covention Center (MICC), Nay Pyi Taw, Sabtu (10/05/2014), telah ditandatangani kesepakatan BEBAS VISA untuk masuk di kedua negara.

Kesepakatan bebas visa (dok. Kemlu)



Copyright© by RUSDI ZULKARNAIN 

Tidak ada komentar: