BERAMAL LEWAT TULISAN

Thursday, 29 October 2015

JANGAN PANIK JIKA PENERBANGAN ANDA DIRUBAH SEPIHAK


Rencana perjalanan bisa saja terganggu atau bahkan harus dibatalkan, karena jadwal penerbangan dirubah sepihak oleh maskapai.

Itulah salah satu resiko menggunakan jasa penerbangan murah ‘Low Cost Carrier’. Pada saat booking (online) harus ‘mencentang’ tanda persetujuan anda pada kotak kecil, berarti kita telah menyetujui segala ketentuan peraturan dari maskapai.

Untuk membedahnya, mari ikuti pengalamanku yang umum terjadi pada dunia penerbangan murah.



BOOKING TIKET

Membeli tiket pesawat online lebih baik langsung lewat website resmi maskapai yang bersangkutan, seperti Airasia ‘AA’ http://www.airasia.com/ atau Cebu Pasific https://www.cebupacificair.com/id-en. Mengapa demikian, karena kalau ada apa pun tentang  perubahan penerbangan, kita bisa langsung mengetahuinya tidak melalui pihak ketiga.

Oleh sebab itu, pada saat proses booking hendaknya memberi data yang benar dan akurat untuk kepentingan kedua belah pihak. Data dimaksud adalah, nama lengkap (first name or given name, middle name dan last name or surename or family name), alamat lengkap, data paspor, email dan nomor telepon.

Misalnya saja maskapai Low Cost Carrier Air Asia akan mengabari suatu perubahan lewat telepon, sms atau email. Jadi memberikan data yang benar sangat penting untuk mengetahui informasi seperti ini.


PERUBAHAN DARI MASKAPAI

Sebagai calon penumpang, tampaknya harus mengikuti segala aturan dari maskapai penerbangan, karena sudah menyetujui sebelumnya. Jadi calon penumpang posisinya sangat lemah.

Sebagai contoh, maskapai dapat saja melakukan perubahan jadwal atau menghentikan rute penerbangan disebabkan karena ‘perhitungan bisnis’, musibah atau ada ‘bencana alam’. Beberapa waktu yang lalu Airasia ‘AA’ menghentikan penerbangan karena letusan Gunung Kelud, Gunung Raung atau musibah jatuhnya AA rute Surabaya - Singapura. Atau menurut perhitungan bisnis harus disesuaikan jumlah flight-nya, dirubah jam terbangnya atau dirubah hari terbangnya. Semua, biasa sering terjadi seperti itu.

Dari pengalamanku terbang bersama AA, semua customer harus mentaati peraturan yang ada, TITIK. Segala alasan apa pun dari passangers tidak akan ditindaklanjuti kalau bertentangan dengan peraturan yang berlaku. Seperti terlambat check in, lupa bawa paspor, overweight bagasi, visa ditolak, minta refund atau permintaan lainnya.

Memakai jasa AA, hampir semua tidak ada refund (pengembalian uang) dan tidak ada reschedule (rubah jadwal gratis). Oleh sebab itu jangan complain sebelum tahu aturannya. Percuma saja, akan sia-sia belaka.

Kecuali ada perubahan yang datang dan ditetapkan dari AA sendiri, seperti bencana alam, musibah atau perhitungan bisnis. Itu semua ada kompensasinya sebagai bagian hak dari seorang penumpang.


YANG DINAMAKAN KOMPENSASI AA

Setiap penumpang akan menerima kompensasi setara dari AA apabila ada perubahan penerbangan. Namun tidak semua perubahan penerbangan ada kompensasinya. Misalnya perubahan penerbangan dari sore menjadi pagi hari, atau jadwalnya berubah lebih awal atau mundur beberapa jam. Hal seperti itu biasa tidak ada kompensasinya.

Oleh sebab itu, aku selalu antisipasi ‘membuat selisih sehari’ bila punya penerbangan lanjutan. Resikonya, harus keluar uang lagi untuk singgah di hotel murah, makan minum atau nunggu di airport. Hal begitu sudah biasa dilakukan bagi seorang traveler sepertiku.

Aku seringkali mengalami perubahan jam terbang. Karena sudah diantisipasi, pengaruhnya hanya terasa sedikit. Apalagi aku ini bukan orang penting seperti yang lain, yang waktu per detiknya sudah diatur sedemikian ketat.

Perubahan yang krusial dari AA, dua kali aku mengalaminya. Biasanya AA akan menawarkan sbb :
  1. Reschedule (dengan ketentuan dan tanpa biaya tambahan),
  2. Refund,(dana dikembalikan penuh ke Akun Kartu Kredit atau rekeneing bank kita)
  3. Atau Credit Shell, (dana dikembalikan penuh dan ditampung di Akun AA dengan expiry time 90 hari untuk membeli tiket baru).


AA akan mengirim sms seperti ini;



 Dan email-nya seperti ini :

 -------------------------------------------------------------------------------------
 Your booking number:
XX6Y6Y


Dear Mr/Ms. X,

First and foremost, we would like to take this opportunity to thank you for choosing AirAsia Indonesia.

We would like to advise that your flight QZ 123 with booking number XX6Y6Y which was originally scheduled to depart from Denpasar (DPS) to Perth (PER) on Monday, November 09, 2015 at 05:55 has unfortunately been rescheduled to a later time.

Please note that your new departure time is 07:00 local time while the new arrival time is 10:40 local time.

In order to mitigate the inconveniences caused by the flight reschedule, AirAsia offers the following recovery options:

1. Move flight (reschedule) same days prior or after your original departure date based on availability and first-come-first-serve basis. Kindly note that flight changes must be made only through our support channels listed below.

2. Credit Shell – A deposit in AirAsia equivalent to the value of the confirmed booking to be used for payment for any AirAsia tickets. Credit Shell is valid for 90 days from the date of issue.

Should you require further assistance, please do not hesitate to contact us through the following  support channels:
1.  Submit queries through online form
2.  Live Chat
Please accept our sincere apologies for any inconveniences caused.
We are looking forward to welcoming you onboard and to providing you the best AirAsia experience.

Thank you for your understanding.

Kind Regards,

Pre-Flight
AirAsia Indonesia

--------------------------------------------------------------------------------------


Opsi ketiga, yakni REFUND (pengembalian non tunai), yang akan dikembalikan ke Akun Kartu Kredit atau Rekening Bank kita. Selain itu, ada opsi dipindah ke penerbangan lain dengan rute yang sama (full service). 

Untuk mengurus hal macam begini, aku biasa pilih isi form online dibandingkan Live Chat atau Telepon ke Call Center AA. Caranya, isi e-form dengan seksama sesuai data aslinya. Kemudian isi keinginan (deskripsi) kita seperti contoh,"Please proceed to credit shell, thank you" atau "Please proceed to refund, thank you."

Pengalamanku, setelah mengirim request lewat form online, kurang dari seminggu sudah ada email jawaban persetujuannya. Jadi silakan pilih cara online form aja dari pada Live Chat yang terbatas waktunya atau telepon ke Call Center yang perlu biaya mahal.

Ini adalah request melalui form online untuk rechedule, refund atau credit shell sbb : 



Setelah mengisi dan mengirim form online, maka akan dapat jawaban melalui email kita, lengkap dengan kode register permintaan kita. Dengan kode register ini, kita bisa monitor sudah sampai di mana prosesnya.

--------------------------------------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------------------------------------
Setelah menunggu beberapa lama, kita akan dapat persetujuan lewat email mirip aslinya sbb;

--------------------------------------------------------------------------------------

Your credit account is now ready !
Booking number : XX6Y6Y

Dear Guest,

We have created a credit account for you as requested. This credit account will expire on 27 January 20XX. You may use this credit in your future bookings with us. Just follow these steps to use the credited amount :

  1. Login to your account via our website, www.airasia.com
  2. Proceed with a new reservation by clicking on 'Make a booking'.
  3. At the payment page, click on the 'Credit Account' option.
  4. Use the credited amount to pay for your booking. Any excess amount can be paid using your credit card.
Please note that your actual travel dates can be after the expiry date of the credit account.
Bookings can made for your personal use or nominated person on our flights. Kindly visit AskAirAsia.com for more info.

Thank you for choosing AirAsia as your travel partner.

Yours sicerely,

AirAsia

--------------------------------------------------------------------------------------
Kegunaan Credit Shell adalah untuk membeli tiket baru / meal / bagasi / bus / asuransi / seat kapan saja, dengan rupiah atau mata uang asing. Expiry-nya sampai 90 hari. Nilai pembelian harus < Credit Shell, maka pembayarannya baru bisa diproses lebih lanjut. Kalau Credit Shell-nya masih ada sisa, bisa dihabiskan hingga 6 bulan ke depan.


RESIKO PERUBAHAN PENERBANGAN

Perubahan jadwal atau dibatalkannya suatu penerbangan akan berdampak pada rencana persiapan perjalanan kita. Sebagai contoh, Visa akan sia-sia, booking hotel atau paket tour akan berisiko hangus. Begitu juga tiket penerbangan lanjutan akan berisiko hangus.

Memang sangat merepotkan kalau harus menghadapi masalah seperti ini. Namun, adakalanya  keberuntungan masih bisa berpihak pada kita. Misalnya, ketika belum booking hotel atau paket tour atau Visa ditolak, lalu ujuk-ujuk ada pemberitahuan perubahan penerbangan dari AA, ini lumayan membantu. Yang seharusnya hangus tapi tidak jadi hangus. Begitu juga kalau kebetulan malas berangkat, yang seharusnya tiket hangus tapi tidak jadi hangus.


Itu semua ada hikmahnya. Yang penting harus selalu berusaha, berdoa dan terus bersyukur, pasti Allah SWT. akan menolong hambanya.



    Copyright© by RUSDI ZULKARNAIN 

2 comments:

Niza Siti Mukaromah said...

Asallamualaikum Pak sebelumnya terima kasih info nya sangat membantu. Oia saya mau bertanya saya hendak melakukan refund airport tax saya karena tidak bisa terbang sesuai dengan jadwal, saya sudah mengisi efom untuk refund dan mensubmit nya ke pihak AA tapi saya bingung karena setelah klik submit laman browser nya jadi kosong. Apa bapak dulu sama seperti yang saya alami saat submit atau tidak,khawatir tidak terkirim soalnya pak.
Terima Kasih sebelumnya pak

rusdi zulkarnain said...

Alaikumsalam Niza,

Coba periksa eFormnya sudah diterima AA atau belum ? Check balasan penerimaan di email Niza.
Demikian.

Cheers,