BERAMAL LEWAT TULISAN

Saturday 6 February 2021

TIPS SIMPLE TRAVELING

Ada yang punya gaya traveling bagaikan pindahin rumah berikut isinya ke destinasi yang dituju dan ada yang punya gaya traveling membawa perlengkapan yang penting-penting aja. Kedua gaya tersebut ada untung ruginya yang berpengaruh pada biaya, tenaga dan pikiran. Kalau aku lebih senang memilih yang SIMPLE TRAVELING.


Membawa perlengkapan traveling seperti bag, pakaian, sepatu dan kelengkapan dokumen itu sudah bikin repot. Apalagi maaf, yang bepergian itu cewek dipastikan bakal lebih komplit bawaannya. Yang ga bakal mereka lupa adalah perlengkapan kosmetik. Semua itu adalah pilihan, maunya gimana sah-sah aja. Setiap yang diputuskan tentu ada resikonya selama di perjalanan.

Yang aku mau bahas di sini adalah traveling dengan pesawat udara dan moda transportasi campuran lainnya. Bepergiannya dengan cara yang budget dan menyesuaikan kondisi di lapangan, tentu tanpa biro perjalanan. Memilih penerbangan yang budget biasanya tanpa bagasi dan tanpa meal di atas pesawat. Barang bawaan yang boleh dibawa ke atas kabin hanya sekitar 7 Kg saja, selebihnya harus bayar per Kg untuk dibagasikan. Aku tetap memilih tanpa bagasi. Masuk ke bandara sampai ke pesawat nggak perlu ribet cuma perlu waktu di imigrasi aja.

Kalau sebelum berangkat ada niat mau beli pakaian dan lainnya. Lebih baik beli di negara tujuan aja dan beli yang sesuai harganya dengan yang kita mau beli di tanah air. Syukur-syukur harganya malah lebih murah di sana. Begitu juga pernak pernik untuk mandi seperti handuk, shampoo, sabun, sikat gigi dan odol. Biasanya yang seperti ini sudah disediakan di hostel. Kecuali punya alasan tersendiri untuk bawa handuk sendiri. Dengan cara begini bawaan semakin minimal.

Makanan, camilan atau sachet-an bahkan mie instan bisa bawa seperlunya. Sebab apa yang kita bawa bisa aja dilarang oleh custom di negara tujuan. Kamera profesional, tripod dan lensa kalau dianggap tidak perlu sebaiknya ga usah dibawa. Kamera dan lain-lain bisa diwakili oleh handphone.

Jika negara tujuan mau treking atau menjelajah gunung, semua peralatannya seperti jaket tebal, topi tebal, treking pool, sepatu khusus atau sleeping bag bisa disewa di tempat dengan harga yang terjangkau.

Kalau berangkatnya sudah heboh bawa ini itu, biasanya pas pulang tas-nya bakal beranak penuh dengan oleh-oleh seperti bakso beranak yang lagi terkenal itu.

Kesimpulannya membawa barang bawaan yang simpel untuk traveling itu bakal meringankan dan tidak bikin repot. Kalau mau pakai cara ini dan didukung oleh finansial yang cukup, traveling bakal tenang, enjoy tidak ribet. Yang diperlukan tinggal beli di tujuan. Barang bawaan yang simpel pastinya bakal memudahkan untuk bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya tanpa harus capek.

Jadi mau pilih cara yang mana ? Pilihan ada pada travelers masing-masing. 


Copyright@by RUSDI ZULKARNAIN
email : alsatopass@gmail.com

No comments: