BERAMAL LEWAT TULISAN

Friday 21 May 2021

BUKAN CUMA APEL, INI 6 HAL MENARIK WISATA KE MALANG RAYA

Kota Malang merupakan kota terbesar ke-2 di Provinsi Jawa Timur setelah Surabaya yang letaknya sekitar 90 km di selatan Kota Pahlawan.

Malang Raya yang terdiri dari Kabupaten Malang dan Batu adalah gudangnya spot wisata termasuk kulinerannya. Untuk mendapatkan spot² wisata yang komplit justru bukan ada di Kota Malang tapi banyak di Kabupatennya dan di Kota Wisata Batu (KWB). Trip ke Malang bisa ditempuh melalui jalur darat dengan bus atau kereta api. Sedangkan lewat jalur udara bisa dari Bandara Juanda Surabaya atau dari Bandara Abdulrahman Saleh Malang.

Ayo kita bedah satu persatu ada apa di sana.


PERTAMA adalah Kota Batu yang memiliki spot wisata terkomplit. Antar spot wisata jaraknya tidak berjauhan jadi mudah menjangkaunya, sehingga habis eksplor yang satu bisa pindah ke spot lainnya. Yuk kita mulai dengan MUSEUM ANGKUT.

Liburan ke Museum Angkut Batu Malang di dalamnya full hiburan dan edukasi yang dipadukan dengan unsur seni budaya. Masuk kemari tiketnya terjangkau tidak mahal² amat. Pada area yang luas dibagi menjadi beberapa zona yang menampilkan keunggulannya masing².

Museum yang dibuka pada tahun 2014 ini menjadi tujuan utama para travelers yang berkunjung ke Batu. Dan Museum ini tercatat sebagai museum transportasi pertama di Asia yang memajang seratusan koleksi alat transportasi dari masa ke masa.

Datanglah ke Museum Angkut Batu Malang agak siangan sebab bukanya sekitar pukul sebelas. Nikmati berbagai wahana, movie star studio & atraksinya lalu abadikan satu persatu dengan angel yang pas sehingga hasilnya orang nggak bakal percaya kalau itu di Batu.

Selepas dari Museum Angkut lanjutkan eksplor spot lainnya seperti Jatim Park 1, 2 dan 3 (https://jtp.id/) yang masing² memiliki suguhan berbeda. Ketiganya terdiri dari full hiburan wahana atraksi, wahana edukasi, Batu Screet Zoo (2) dan Dino Park (3).

Lanjut hunting kulineran tradisional atau kekinian yang ada di Kota Wisata Batu. Trus jelajahi Selecta, Air Terjun Coban Rais, Coban Talun atau Coban Rondo, Paralayang di Gunung Banyak. Dan yang terakhir adalah treking ke Gunung Panderman (2.045 mdpl).


Setidaknya paling sedikit perlu waktu tiga harian untuk menjelajahi berbagai spot di Kota Batu. Untuk hotelnya tinggal pilih mulai dari yang kelas melati hingga berbintang dengan segala fasilitasnya seperti paket petik apel atau strawberry.

Yang KEDUA adalah wisata air terjun kalau di Jawa Timur orang sering menyebutnya 'coban'. Hampir dua puluhan coban ada di Malang dan semuanya berada di luar Kota Malang. Mulai dari Coban Rais, Coban Talun, Coban Glotak, Coban Pelangi, Coban Rondo, Coban Baung, Coban Sewu dan masih banyak coban² lainnya di Malang.

Coban² tersebut memiliki keindahannya masing² dan memiliki ketinggian yang berbeda². Begitu pun dengan lokasinya ada yang sangat mudah dijangkau dan ada yang harus treking beberapa kilometer untuk menjangkaunya.




KETIGA adalah wisata pantai. Wisata ini berada di Malang Selatan Kabupaten Malang yang jaraknya sekitar 60 an km dari pusat kota. Pesisir Pantai Malang Selatan garisnya sangat panjang bersambung dengan pantai² di Blitar dan Lumajang.

Pantai yang populer adalah Sendang Biru dan Balekambang. Lalu Pantai Kondang Merak, Pantai Bajul Mati, Pantai Goa Cina, Pantai Wedi Awu, Pantai Kondang Iwak, Pantai Batu Bengkung, Pantai Tiga Warna dan pantai² lainnya yang jumlahnya mencapai tiga puluhan. Setiap pantai memiliki keunggulan dan panorama indah yang khas. Pantai yang paling populer Sendang Biru dihadapannya adalah Pulau Sempu yang bisa di-treking hingga Danau Segara Anakan. Setelah menikmati keindahan Pantai Sendang Biru dan Pulau Sempu lantas sempatkan belanja aneka ikan segar di TPI 'Tempat Pelelangan Ikan' dengan harga yang ekonomis.

Di beberapa pantai di Malang Selatan pada umumnya menyediakan kulineran aneka seafood bakar seperti lobster, cumi², gurita dan jenis ikan lainnya.


Berikutnya yang KEEMPAT, menjelajahi candi² sebagai wisata sejarah peninggalan masa lalu. Di Kota Malang dan sekitarnya terdapat beberapa candi Hindu dan Budha peninggalan kerajaan² di Jawa Timur. Sebut saja misalnya Candi Kidal dan Candi Jago di Tumpang, Candi Sumber Awan dan Candi Singosari di Singosari, Situs Candi Watugong Ketawanggede di Dinoyo dan Candi Badut di Kota Malang. Hampir semua candi kondisinya masih terpelihara baik.





Yang KELIMA, Malang Raya dan Kota Malang +444 mdpl dikelilingi beberapa gunung diantaranya
Gunung Panderman,  Gunung Kawi,  Gunung Kelud,  Gunung Semeru,  Gunung Arjuna,  Gunung Bromo dan tetangganya adalah Gunung Butak, Gunung Penanggungan lantas Gunung Welirang.

Itulah gunung² yang bisa didaki dan di-treking dengan waktu tempuh yang berbeda², yang mudah dan yang ekstrim penuh tantangan. Kalau soal keindahannya jangan diragukan lagi, sangat indah. Siapa yang nggak kenal Gunung Bromo atau Gunung Semeru sebagai gunung tertinggi di Tanah Jawa ?

Hubungi komunitas atau travel agen untuk menjelajahi gunung² tersebut agar lebih mudah menjangkaunya.


Dan yang TERAKHIR adalah kulinerannya. Siapa yang nggak tau bakso Malang ?

Bakso Presiden di tepi rel kereta api, Bakso Kota Cak Man, Bakso Bakar Trowulan, Bakwan atau Cwi mie Malang, itulah pilihan kuliner aneka bakso.

Belum lagi kuliner aneka pecel. Pecel Kawi, Pecel Bu Siti, Pecel Bu Tinuk, Pecel Madiun, Pecel Blitar Sambal Tumpang, Pecel Berkah atau Pecel Lodeh yang bisa dikunjungi setiap hari. Pecel² tersebut menyediakan lauk pendamping berupa empal & paru goreng, telur, tempe atau lauk lainnya. Jangan lupa peyeknya yang diberikan secara otomatis.

Kripik tempe juga menjadi andalan usaha rumahan warga Malang. Sedangkan kuliner kekinian sangat banyak bertebaran di seluruh Kota Malang. Malang Strudel, Burger Shot, Ayam Nelongso, Mie Aceh Cik Abin atau Bebek Sinjay menjadi kuliner favorit warga Malang dan travelers.

Apalagi saat ini banyak cafe bak jamur yang tumbuh di musim hujan diantaranya ada di sepanjang Jalan Soekarno Hatta, Sudimoro dan lainnya yang siap menanti kunjungan anda.

Ayo kunjungi Malang. Anda tidak akan melupakan kenangannya setelah mengunjunginya. Aku aja yang tinggal di Malang belum mampu eksplor semuanya karena saking banyaknya spot wisata di Malang Raya. 


Copyright@by RUSDI ZULKARNAIN
email : alsatopass@gmail.com


No comments: