BERAMAL LEWAT TULISAN

Kamis, 09 Desember 2010

TIPS MEMAKAI BUDGET AIRLINES (Low Cost Carrier)





Melakukan traveling dengan biaya murah sangat diidamkan banyak orang. Komponen utama traveling adalah dukungan transportasi dan akomodasi, kalau keduanya murah maka sangat disukai para penggila traveling atau backpacker.
 
Dalam tulisan ini akan saya ulas tentang penerbangan murah atau Budget Airlines (BA) yang ada di beberapa belahan dunia. Setidaknya ada 10 BA,
EASY JET, bermarkas di London Inggris dengan destinasi Eropa, Afrika Utara, tanpa nomor tempat duduk artinya bebas duduk duluan dimana saja. AIR ASIA (AA), (airasia.com) bermarkas di Kuala Lumpur, Malaysia sampai saat ini sudah menerbangkan 100 juta lebih penumpang. Bosnya AA, Tony Fernandes. AIR ARABIA, beroperasi di Timur Tengah, Afrika Utara, Asia Tengah dan India. RYAN AIR, berpusat di Dublin dengan destinasi Eropa. US AIRWAYS, berpusat di Amerika dengan destinasi Amerika Utara, Amerika Tengah, Hawaii, Karibia dan Eropa. JET STAR, bermarkas di New Zealand dengan destinasi New Zealand dan Asia Tenggara. WEST JET, berpusat di Kanada dengan destinasi Kanada, Amerika dan Karibia. LIAT, berpusat di Karibia destinasi Karibia, Dominika dan Puerto Rico. AIR BERLIN, beroperasi di Eropa dan Afrika Utara. ROYAL BENGAL AIRLINES, beroperasi di India dan Bangladesh. BA lainnya adalah TIGER AIRWAYS, (tigerairways.com) bermarkas di Singapura, cakupan terbangnya Asia Tenggara dan Australia, VIVA MACAU, bermarkas di Macau Airport (MFM) cakupan terbangnya Asia Tenggara, Asia Selatan dan Australia. Di dalam negeri juga ada BA LION AIR, BATAVIA (sudah dilikuidasi), CITY LINK dan SRIWIJAYA AIR, harga tiket tergantung peak season atau tidak.


Berikut akan saya share tips memakai BA yang akan menjadi nyaman bila timing-nya pas, budget-nya pas dan tujuannya pas, berikut informasinya di bawah ini :

MENJADI USER BA, daftarkan diri anda menjadi user BA, setelah menjadi User maka segala informasi flight promo dan informasi lain akan kita terima via email. Contoh kalau mau jadi member Air Asia : buka www.airasia.com, pilih 'login member' di kiri atas, kemudian klik 'daftar', selanjutnya isi semua yang diminta.

CREDIT CARD atau DEBIT CARD, miliki kartu debit atau kartu kredit VISA / MASTER sebagai sarana transaksi booking online. Bisa juga bayar tunai lewat minimarket.

BROWSING, sering lakukan browsing website BA untuk memonitor tawaran promo, seat gratis dan paket hotel murah.

STEP BY STEP, pada saat transaksi booking online lakukan step by step dengan teliti sampai transaksi dianggap sukses. Periksa destinasi dari/ke flight anda, pilih flight + hotel ? , waktu one way atau return, pilih class penerbangan (Promo, Regular atau Premium), periksa harga (pakai bagasi Yes/No, meals YES/NO, pick seat, fuel surcharge, airport tax, fee), periksa mau bayar dengan mata uang apa, isi data penumpang dengan teliti, nomor kartu kredit VISA / MASTER atau Kartu Debit. Siapkan paspor, KTP , pulpen, kertas dan kartu kredit di dekat anda karena waktu akses online yang diperbolehkan biasanya ditentukan tidak lebih dari 10 menit.

RISK, siap menanggung resiko yang timbul, misalnya rute ditiadakan untuk sementara waktu karena bencana alam; ada gejolak di negara destinasi, atau rute ditiadakan karena dipandang sudah tidak menguntungkan lagi, atau waktu flight berubah.

Contoh lain misalnya, karena antara booking tiket online dan waktu terbangnya begitu lama bukan tidak mungkin suatu rute dipandang tidak efektif lagi sehingga rute tsb. ditutup. Atau beberapa bulan sebelum berangkat ada pembukaan rute baru yang lebih simple dan murah, misalnya waktu booking dari Surabaya (SUB) ke Penang (PEN) harus lewat Kuala Lumpur (KL), namun beberapa bulan kemudian ada rute baru direct dari SUB-PEN tentu ini lebih hemat biaya (Airport Tax hanya bayar sekali) dan hemat waktu.

Atau pada waktu yang lalu ada gunung meletus di Eropa sehingga mengganggu penerbangan dan memaksa maskapai menghentikan sementara penerbangannya biasanya ada kompensasi atau ada tawaran pengganti seperti maskapai AA menawarkan tour ke ASEAN dengan harga murah. Atau pada waktu mau berangkat kita ada halangan.
Resiko lain adalah tiket BA biasanya non-refundable (tidak dapat dikembalikan dalam bentuk uang) melainkan dalam bentuk rubah schedule, atau sebagai deposit untuk pembelian berikutnya (Credit Shell). Untuk urusan refund me-refund tiket harus dilakukan beberapa hari sebelum jadwal terbang. Tidak jarang perubahan jam terbang, bisa dimajukan atau dimundurkan waktunya. Perubahan jadwal terbang akan diberitahukan lewat sms atau email. Anda sudah siap dengan semua resiko ini ?

Namanya juga low cost carrier flight, tanpa tiket (print sendiri), booking online, bagasi beli, asuransi beli, tanpa katering (meal and drink beli), dari/ke pesawat dari/ke apron jalan kaki tanpa shuttle bus, non refundable, pilih seat harus beli, self check in pakai machine/web check in/mobile check in. Kalau AA check in melalui counter harus bayar 30ribu ini berlaku sejak September 2011 (khusus domestik). Kalau harga minyak dunia naik maka ada tambahan biaya fuel surcharge yang besarnya tergantung jarak tempuh penerbangan. Nikmati aja lah . .

REGULASI MASKAPAI, Ikuti dengan seksama segala ketentuan maskapai BA tsb. misalnya check in ditutup 1 jam sebelum terbang, maksimum berat dan besar barang bawaan ke kabin yang diperbolehkan, check in online atau perubahan paspor.

CATATAN,  walaupun namanya BA namun tidak selamanya berharga murah, semuanya sangat tergantung dari timing yang kita pilih.
Untuk penambahan fasilitas seperti beli bagasi, drink and meals bisa dilakukan pada booking online saat itu atau di kemudian hari. Confirm kembali apa2 yang telah ditransaksikan apa semua sudah oke. Print atau cetak hasil transaksi booking online. Walaupun segala ketentuan membatasi kita namun masih ada celah-celah yang bisa dilakukan atau dilanggar selama masih dalam koridor yang tidak melanggar hukum, hal ini bisa dilakukan karena pengalaman atau rajin bertanya kepada orang2 yang pernah mensiasati celah2 tsb.


AYO DIPILIH,

http://www.flyscoot.com/index.php/en/
http://www.citilink.co.id/
http://www.airasia.com/id/id/home.page
https://www.cebupacificair.com/

http://www.tigerair.com/id/en/

Demikian beberapa tips memakai penerbangan murah, semoga bermanfaat.



copyright© by RUSDI ZULKARNAIN
email : alsatopass@gmail.com

Tidak ada komentar: