BERAMAL LEWAT TULISAN

Rabu, 22 Desember 2010

PERSIAPAN ke BEIJING (China - 1)




ASYIKNYA MENYUSUN ITINERARY ke BEIJING

Rencana ke Beijing China telah kumantapkan. Sebagai langkah awal, aku booking tiket Budget Airline (bertarip murah) Airasia 'AA' Surabaya – Kualalumpur (pp) 435 K Rupiah untuk tiga orang plus dua unit bagasi @ 15 Kg termasuk fee dan airport tax. 


Sedangkan tiket Kualalumpur – Tianjin (pp) hanya Rp. 250 ribu (74 Ringgit Malaysia) per orang. Murahkan ? Tianjin adalah salah satu kota besar di China yang jaraknya sekitar 120 km dan hanya perlu 30 menit saja jika pakai kereta peluru 'Bullet Train' ke Beijing.


Booking online kulakukan 6 bulan sebelum berangkat dan payment-nya dengan kartu kredit. Setelah urusan tiket selesai, pekerjaan selanjutnya adalah menyusun itinerary (rencana perjalanan) yang terus kusempurnakan untuk menghasilkan itinerary yang pas.

Bagiku sangatlah penting menyusun segala sesuatu yang berkaitan dengan rencana perjalanan. Semua itu kudata dalam suatu sheet di computer, mulai dari perlengkapan, makanan, akomodasi, transportasi dan dokumen perjalanan, dari situ bisa tergambar berapa budget yang diperlukan. Mencicil apa-apa yang harus dibawa & disiapkan merupakan seni tersendiri buatku, sbb :

PAKAIAN, 
TOILETARY,
MAKANAN, 
SUPPLEMENT dan OBAT2AN,
GADGET dan AKSESORIS,
ALAT TULIS,
DOKUMEN PERJALANAN,
LAIN-LAIN, kabel tis (ty wrap), gembok kecil, tisu basah, ransel dan tas.

Mengapa kali ini aku membawa persediaan makanan yang cukup, seperti orang mau pindah aja ? Itu semua untuk antisipasi, khawatir susah cari makanan halal di Tianjin dan Beijing. Atau mungkin makanannya kurang pas untuk disantap. Segala kemungkinan yang bakal terjadi sudah kuantisipasi, supaya traveling di musim winter ini bisa berjalan dengan lancar.


Persiapannya bukan itu aja, ada lainnya sbb :

BUAT JADWAL PERJALANAN DAY per DAY, mencakup tempat tujuan wisata, angkutan, waktu shalat, operator tour, kurs, dan penginapan. Beberapa data kudapat dari browsing dan baca buku Lonely Planet China. BOOKING ONLINE, penginapan murah. BELAJAR BAHASA, Mandarin sederhana. nii hao, cai jien, cau an, xie xie. GALI INFORMASI, dari buku Lonely Planet China dan rajin browsing tentang China. KUMPULKAN, Rupiah, USD, Ringgit Malaysia dan Yuan Renminbi. URUSAN RUMAH, siapkan semua yang berhubungan dengan urusan rumah seperti bayar telepon, air, listrik dan penanganan hewan peliharaan kalau ada. Selanjutnya titipkan rumah kepada orang yang dapat dipercaya. CHECK-RECHECK, check list Itinerary apa-apa aja yang sudah siap. OLAH RAGA, teratur. Bila semua sudah disiapkan, sekarang tinggal menunggu waktu berangkat dengan harapan traveling ini akan berjalan lancar. 

Begitulah persiapannku, lakukan sedikit demi sedikit dengan penuh kesabaran akan menjadi ASYIKNYA MENYUSUN ITENIRARY ke BEIJING.



copyright© by RUSDI ZULKARNAIN
email : alsatopass@gmail.com

Tidak ada komentar: