BERAMAL LEWAT TULISAN

Sabtu, 24 Maret 2012

ENAKNYA MAKAN 'JAMUR'






Anda suka jamur ? berbagai olahan masakan jamur memang sangat nikmat dan menyehatkan. Tapi bukan itu yang kumaksud, ‘JAMUR’ adalah Jalan-Jalan Murah ke berbagai tempat di belahan dunia ini. Anda pasti suka, check it out ….

Dunia ini luas apalagi alam semesta, oleh karena itu semua yang disediakan Allah ini kita jelajahi dan kita pelajari karena banyak rahasia Ilahi yang masih terpendam. Selanjutnya diharapkan buah traveling bisa bermanfaat buat diri sendiri juga orang lain.


AYO TRAVELING

Sebetulnya istilah traveling itu biasa-biasa aja, tapi istilah tersebut seolah hanya dimiliki oleh orang berduit saja. Namanya juga travel atau berpergian berarti berangkat dari suatu titik ke titik yang lain sebagai tujuan. Mulai dari berangkat sampai tiba di tujuan diisi dengan berbagai kegiatan, menikmatinya dan akhirnya harus kembali lagi ke titik semula, itulah traveling atau wisata.

Pergi menengok nenek di kampung itu juga traveling karena sudah memenuhi unsur bepergian. Mau jauh atau dekat itu terserah, pake biaya banyak atau sedikit masa bodoh, lama atau sebentar itu urusanmu, jalan kaki atau pake pesawat ‘Emang Gue Pikirin’.

Jamur nggak perlu sengaja digembel-gembelin biar dibilang seorang Backpacker, biasa aja nggak usah lebay. Semua yang kita lakukan kita juga yang akan menikmatinya. Mengunjungi tempat yang 'ber-aura positif' dan 'penuh optimis' menjadi pilihan utamaku. Let’s make traveling.


EVERYONE CAN TRAVELING

Siapa saja bisa melakukan traveling. Pada dasarnya traveling adalah bepergian biasa menuju ke suatu tempat. Pergi ke pasar atau ke rumah teman itu salah satu bentuk traveling yang paling sederhana. Tempat yang dituju biasanya terdapat obyek yang bisa dilihat atau dinikmati. Traveling yang paling sederhana biasanya hanya direncanakan begitu saja tanpa dituangkan ke dalam suatu rencana perjalanan (Itinerary).

Mengunjungi tempat-tempat yang disenangi sering dilakukan sampai berkali-kali karena ada sesuatu yang disukai atau ada kenangan tersendiri. Sedangkan tempat-tempat baru yang belum pernah dikunjungi, informasinya biasa diketahui dari berbagai media atau cerita orang lain. Yang begini ini selalu membuat orang penasaran untuk mengunjunginya.

Hobi traveling adalah hal yang paling nge-trend saat ini dan banyak digandrungi orang. Sebelumnya traveling adalah pekerjaan yang dianggap hanya bisa dilakukan oleh orang-orang berduit saja. Apalagi kalau bicara ke luar negeri, banyak orang yang sudah mundur duluan. Tapi sekarang informasinya sudah diketahui luas dan banyak didukung oleh transportasi dan akomodasi murah, semua lapisan bisa melakukannya. Everyone can traveling.
 
Penguasaan informasi memang sangat penting di era sekarang ini. Banyak orang beranggapan kalau traveling adalah mahal apalagi kalau ke luar negeri. Padahal kalau kita tau informasi dan seluk beluknya, perasaan tersebut tidak perlu terjadi atau ditakuti.


FAKTOR PENTING UNTUK TRAVELING

-          Biaya (relative),
-          Kesempatan
-          dan Kesehatan

Faktor kesempatan dan kesehatan adalah sangat mutlak dimiliki, sedangkan biaya adalah relatif.

Katanya kalau ada ‘duit’ semuanya pasti beres, ternyata itu nggak 100% benar. Buktinya banyak orang berduit nggak bisa kemana-mana karena nggak punya waktu , takut atau sakit.

Besar kecilnya biaya bisa disesuaikan. Sekarang sudah banyak pilihan, transportasi dengan harga ekonomi, bisnis, eksekutif atau premium. Begitu juga akomodasi pilihannya banyak mulai kelas backpacker sampai dengan yang berbintang.

Apabila 3 faktor utama traveling sudah dimiliki, lainnya bisa diimprovisasi sendiri. Mempunyai banyak famili, teman atau sahabat di berbagai tempat bisa sangat membantu tujuan traveling. Siapa tau semua itu bisa membantu menekan budget kita.


KOMPONEN MINIMUM UNTUK TRAVELING

Disamping faktor-faktor penting yang harus dimiliki, ada komponen minimum yang mesti dipunyai :

-          Transportasi dan
-          Akomodasi untuk traveling di dalam negeri.

Untuk traveling ke luar negeri selain transportasi dan akomodasi, ada tambahan lain yakni memiliki paspor dan visa (optional).


MEWUJUDKAN JAMUR

Ayo wujudkan rencana traveling menjadi nyata, di bawah ini solusinya :

-          Buat paspor
-     Rajin menabung (yang kaya nggak perlu nabung) 
-     Beli tiket transportasi ketika ada promo
-     Buat kartu kredit visa atau master untuk transaksi online
-     Pilih akomodasi online atau langsung ke TKP, cari daerah backpacker
-     Tanamkan prinsip traveling bukan untuk shoping
-     Banyak browsing ulasan traveling sebagai masukan
-     Bergabung dengan komunitas backpacker atau lainnya
-     Ubah keraguan menjadi keberanian


MANFAAT TRAVELING

Manfaat traveling sangat banyak. Traveling yang dilakukan perorangan atau berkelompok sama-sama akan mendatangkan manfaat. Pelajaran baru yang diperoleh tentang kehidupan sosial budaya daerah lain, mengetahui cara berpikir, mengembangkan kemampuan berbahasa dan mengetahui kemajuan teknologi bangsa lain, itu adalah salah satu manfaat traveling. Traveling  bisa menghilangkan kejenuhan karena rutinitas, untuk have fun memanjakan mata, telinga dan tubuh ketika menikmati keindahan dunia. Traveling dapat memunculkan berbagai inspirasi baru dan membentuk pribadi yang mandiri dalam kehidupan sehari-hari.

Setelah mengetahui dan menikmati berbagai ciptaanNya, bagi yang sadar akan memunculkan rasa syukur kepada Yang Maha Kuasa. Kemudian segala kebaikan dari hasil traveling dapat menggugah para pribadi untuk meng-implementasi-kan hal positif sesuai kapasitasnya, untuk kemajuan bangsa dan negara Indonesia.

Berikut adalah website yang dapat membantu traveling anda :

http://www.islamicfinder.org/ (info waktu shalat, restoran halal dan masjid)
www.xe.com/currency/idr-indonesian-rupiah (info kurs mata uang asing)
http://www.airasia.com/ (info penerbangan budget)
http://www.hostelworld.com/ (info hotel budget)
Lonely Planet Book seri berbagai negara


by RUSDI ZULKARNAIN

1 komentar:

Luki Fotografi mengatakan...

keren om dan mantab .... makasi atas info dan tulisannya dapat menginspirasi saya ^__^