BERAMAL LEWAT TULISAN

Kamis, 08 November 2012

TOM YAM bukan ‘TOM CAT’


TOM YAM SEAFOOD

Masakan Thailand yang paling terkenal rasanya pedas,asam dan panas, itulah TOM YAM. Masakan yang satu ini benar-benar istimewa karena setelah menyantapnya, badan terasa lebih fit. Yang malas jadi semangat. Yang lemes-lemes jadi seger. Yang lesu dan ngantuk jadi bangun. Semua itu adalah efek dari menyantap Tom Yam.

Menurut asalnya, masakan dari Thailand ini, yang sangat popular adalah Tom Yam Seafood. Karena seafoodnya berasal dari pantai-pantai dan sungai seantero Thailand. Disamping itu olahan Tom Yam juga kaya rempah diambil dari pertanian Thailand yang subur.

Selanjutnya mari kita coba masakan ini, nggak usah jauh-jauh ke Thailand, di Malang  juga ada. Setelah itu akan kita nikmati camilan Kacang Bumbu Thailand yang renyah dan sebagai penutup MENU KITA, akan kita santap minuman Ice Ball Klengkeng Karamel untuk sedikit mengurangi rasa pedas yang ukh... akh... itu. Semua ada di sini …


RACIKAN ISTERI SENDIRI

Bumbu inti Tom Yam dimana-mana sama. Yang berbeda adalah bahan pelengkapnya tergantung selera kita. Sebut saja misalnya Tom Yam Seafood, walaupun inti bumbunya sama namun bahan pelengkapnya bisa berbeda-beda seperti kerang hijau, cumi, udang, ikan, daging atau bisa juga  ditambah dengan aneka sayuran sawi putih dan wortel, kembang tahu atau ditambah lagi dengan tofu. Kalau tidak mau repot dan mau cepat, bumbu Tom Yam yang sudah jadi tersedia di supermarket.

SHOOTING JTV

YUK KITA MULAI MASAK

Setelah belanja bahan-bahan dan bumbu di pasar tradisional, perlu juga menyiapkan segala peralatan dan perkakas masak. Disamping itu siapkan mangkuk, supit, sendok bebek, toples untuk kacang bumbu dan gelas untuk ice ball klengkeng karamel. Kita mulai resep yang pertama Tom Yam Seafood, sebagai berikut :

Bahan-Bahan dan Bumbu

1. Cumi-cumi  2. Ikan kakap  3. Udang  4. Tofu  5. Jamur kancing  6. Daun seledri / ketumbar 7. Sawi putih  8. Wortel  9. Kecap ikan  10. Cabe merah keriting  11. Cabe rawit  12. Merica  13. Kaldu blok  14. Jeruk nipis  15. Sereh  16. Garam  17. Lengkuas 18. Bawang Bombay  19. Gula  20. Tomat 21. Bawang prei

BAHAN-BAHAN dan BUMBU TOM YAM
Caranya,  pertama tomat dan cabai merah keriting diblender halus.

Didihkan air selama 10 menit bersama bawang bombay, bawang prei, merica, daun jeruk, lengkuas dan beberapa udang. Langkah ini untuk membuat kaldunya.

Kemudian saring dan didihkan kembali bersama sereh, daun jeruk, lengkuas, kaldu blok, kecap ikan, garam, gula dan blenderan cabe merah dengan tomat.

Aduk-aduk dan tunggu hingga mendidih, lalu masukkan aneka seafood. Tunggu kembali hingga mendidih. Tahapan akhir adalah masukkan aneka sayur dan tofu, kemudian beri beberapa perasan air jeruk nipis.

Tom Yam siap disajikan setelah ditaburi irisan daun seledri.

Di negara asalnya Thailand, kalau kita pesan Tom Yam untuk lebih dari 2 orang biasanya tidak disajikan dalam mangkok. Sajiannya akan ditempatkan dalam steamboat di atas meja. Dari sajian Tom Yam yang masih mendidih itu, kemudian pindahkan sendiri ke dalam piring kita dengan sendok atau supit.


MENU KEDUA,
KACANG BUMBU THAILAND

Kacang bumbu Thailand ini disantap sebagai camilan santai dan lebih cocok kalau ditemani minuman panas maupun dingin. Sebagai informasi, kalau olahan kacang tadi sudah menjadi kacang bumbu Thailand,  harganya jadi mahal.

Untuk mengetahui lebih lanjut mari kita lihat apa saja bahan-bahan dan bumbunya.

Bahan-Bahan dan Bumbu :

1.   Kacang tanah kupas  2. Daun jeruk  3. Cabe merah keriting  4. Cuka  5. Garam  6. Gula pasir  7.   Minyak goreng  8. Sereh muda  9. Ebi  10. Bawang putih goreng


KACANG BUMBU THAILAND
Cara membuatnya, kacang tanah kupas digoreng matang dan sisihkan hingga kering. Tumis cabe merah keriting + sereh sampai timbul bau harum. Kemudian tambahkan daun jeruk yang telah disobek-sobek, aduk terus sambil kacang dimasukkan ke dalamnya. Setelah itu masukkan bawang putih goreng diremas kasar + ebi yang telah diseduh dan digerus. Angkat dan tebarkan pada tempat untuk selanjutnya dimasukkan ke dalam oven dengan suhu 120 derajat selama 30 menit.

Keluarkan kacang bumbu dari oven dan dinginkan. Kemudian siap disajikan pada mangkuk mini atau kemasan toples.


MENU KETIGA, 
ICE BALL KLENGKENG KARAMEL

Setelah membuat dan menikmati menu pertama Tom Yam dan Kacang Bumbu Thailand, menu berikutnya adalah minuman Ice Ball Klengkeng Karamel. Minuman ini pas bener dinikmati pada saat cuaca panas seperti sekarang ini, Hhm segarnya ...

Bahan-bahan dan cara membuatnya seperti di bawah ini.

Bahan-Bahan :

1. Klengkeng  2. Jelly bubuk rasa buah  3. Gula pasir dikaramel  4. Selasih  5. Es batu  6. Air

Cara membuatnya, klengkeng dimasukkan ke dalam larutan (cairan) karamel. Kemudian buat jelly rasa buah sebagai pelengkap.

Penyajiannya, masukkan es batu lebih dulu kemudian klengkeng, jelly rasa buah dan kuah karamel ke dalam gelas. Kalau terlalu manis, beri  air lagi. Tambahkan juga daun mint di atasnya supaya lebih cantik. Hhm segarnya ....

ICE BALL KLENGKENG KARAMEL
 ICE BALL KLENGKENG KARAMEL

 REKAN DAN TETANGGAPUN IKUT MENCICIPI

SHOOTING JTV
HASIL MASAKAN 3 MENU











Setelah ketiga resep tersebut di demo-kan dan di shoothing oleh JTV Malang, kini saatnya untuk dicicipi dan dan disantap bareng para Kru, Sponsor (Blue Gaz), rekan dan para tetangga di sekitar tempat tinggal kami.


Alhamdulillah kata mereka, masakan isteriku enak dan mantap (Gr). Terima kasih kami ucapkan kepada para pihak yang terlibat dalam acara ini, semoga Allah membalas segala kebaikan Anda. Itulah cerita membuat kuliner asal Thailand dan kreasi sendiri kali ini. Shoothing mengambil lokasi di depan rumah kami yakni di small garden boulevard PJ, Malang pada tanggal 7 November 2012. Hasilnya akan ditanyangkan di JTV Malang pada Minggu, tanggal 11 November 2012 Pukul 07.00 pagi dalam acara ‘MENU KITA HARI INI’.



Copyright© by RUSDI ZULKARNAIN 



Tidak ada komentar: