BERAMAL LEWAT TULISAN

Sunday 13 February 2022

JELAJAH NEPAL VAN JAVA di MAGELANG

Kami menyetop bus ekonomi jurusan Semarang - Tasikmalaya yang kebetulan lewat di Ungaran. Kami berdua mau ke Magelang. Dua jam kemudian kami sudah tiba di depan Terminal Magelang (ongkos 25 K). Dari situ sambung pake mobil online ke hotel (33 K), agak mahal karena sudah malam. Unlucky, pas aku bayar pakai selembar 50 ribuan driver sama sekali ga punya kembalian. Daripada ribet ya diikhlaskan aja kembaliannya sebesar 17 K. Aku minim informasi ato malas aja gunakan GMaps, padahal bus yang kami tumpangi itu bakal lewat jalan arah ke Purworejo. Halah ya sudahlah..

Check in kami agak telat diluar komitmen online 'waktu check in'. Aku booking online tapi bisa bayar di TKP. Ketika di hotel aku diminta bayar 300 K untuk menginap semalam. Tapi aku tunjukan bukti booking-an online di handphone hanya 250 K. Karena ada bukti, akhirnya aku diminta bayar segitu. Masuklah kami ke dalam kamar dan langsung istirahat karena memang sudah kecapekan.

Esoknya kami menuju pusat kota Alun² Magelang dengan angkot Kalinegoro (ongkos 4 K). Aku stay memang jauh dari pusat kota tepatnya di ruas Jalan Magelang - Purworejo (depan Perumahan TNI Panca Arga II).

Sebelum meluncur ke pusat kota, aku tertarik dengan signboard "Kost dan Penginapan" yang berada tepat di pintu keluar samping hotel. Akhirnya aku mampir kesitu dan tanya² pada petugas harga & kondisi kamarnya. Kamarnya besar, ada AC, water heater, bebas memasak, free teh/kopi sepuasnya, harga lebih murah dan boleh check in beberapa jam sebelum waktunya. Yang jelas lebih menguntungkan daripada sebelumnya. Mas minta WAnya ya, kalau jadi nanti saya WA. "Siap Pak." jawabnya.

Memang pagi itu kami sudah siap² kemas bagpack, jadi kalau mau stay ke tempat lain pun tinggal angkat aja. Kami berdua dengan istri mengelilingi setiap sudut alun² ya masjidnya, food centernya dan makan gudeg di sebelah barat alun². Lantas aku WA Mas Reza petugas penginapan kalau aku jadi ambil kamarnya.

Aku check out sebelum pukul 12 siang dan pindah hotel yang jaraknya cuma 'selangkah' dari hotel yang lama ke yang baru. Untuk makan siang hari ini, istriku memanaskan bandeng presto pemberian sahabatku di Semarang. Sedangkan nasi putihnya beli di resto hotel yang lama (@5 K). Dan malamnya eksplor ke Mall Artos 'Armada Town Square' dengan bus mini jurusan Purworejo - Magelang (5 K).

Sekitar pukul 6 pagi kami beranjak keluar penginapan. Sarapannya nasi uduk di tepi jalan Purworejo - Magelang (7 K). Tujuanku hari ini ke Nepal Van Java 'NVJ' di Dusun Butuh Kaliangkrik Kabupaten Magelang. Sedangkan istriku istirahat di penginapan sambil menunggu komando dariku untuk rencana selanjutnya.

Aku naik angkot dari depan penjual nasi uduk dan minta berhenti di 'Perdana' (4 K). Dari situ sambung angkot warna biru jurusan Pasar Kaliangkrik (7 K). Di depan pasar sudah ada ojek yang standbye menuju NVJ. Motor berkopling membawaku naik menanjak terus hingga TKP (30 K).

Memang jalan dari Pasar Kaliangkrik sampai ke Dusun Butuh meski tidak sempit tapi tanjakannya tajam dan panjang. Sehingga perlu minimal sepeda motor manual atau yang berkopling. Apalagi kalau untuk boncengan sepeda motornya perlu kondisi yang prima.

Aku sudah tiba di perkampungan NVJ. Supaya ga buang² waktu dan tidak melebihi waktu check out hotel, aku segera sambung dengan ojek lain untuk mengelilingi Kampung Nepal. Ongkosnya aku yang menentukan, eksplor NVJ dan antar turun sampai Pasar Kaliangkrik.

Motor Mas Badi menyusup meliuk liuk di dalam jalanan kampung yang sangat sempit dan naik turun ekstrim. Kalau yang ga biasa sangat mungkin bisa jatuh terperosok. Satu persatu spot kujelajahi sambil Mas Badi jeprat jepret buatku. Gerbang treking ke Gunung Sumbing dekat Pos-1 sudah ada di depan mata. Aku geser ke Lembah Nepal, dari sini tampak pemandangan panorama indah 360°. Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Bukit Tidar, Gunung Kunci, Gayatri dan Gunung Gledek semuanya kelihatan dari Lembah Nepal.

Kebetulan aku pernah ke negara Nepal 'yang asli' di Asia Selatan. Karena sebagian besar negara ini diliputi oleh pegunungan Himalaya, jadi perkampungannya mirip dengan di NVJ. Hanya saja lokasinya ada banyak, hampir semua perkampungannya seperti itu. Rumah²nya berterasering tersusun rapi dari bawah ke atas.

Tidak ada ruginya menjelajahi negeri sendiri karena indahnya luar biasa. Tinggal dipoles sedikit, lama² bakal rapi, tertib dan akan menguntungkan bagi pengunjung serta warga setempat.

Homestay sudah cukup banyak di NVJ dengan harga dan fasilitas yang bervariasi. Warung dan resto juga ada banyak yang menyuguhkan makanan/minuman terutama untuk olahan yang panas² seperti teh/kopi, mie dan nasi goreng. Base Camp Gunung Sumbing Gerbang Dusun Butuh juga ada di perkampungan ini. Bisa menyatu dan berbaur dengan warga Dusun Butuh meski tidak lama rasanya sudah senang banget. Apalagi kini sudah lebih tau tentang alam dan warga lokal NVJ. Kepolosan, Kejujuran, saling menghargai dan keramahan menjadi ciri utama masyarakat di dusun ini.

Speechless berada di NVJ semuanya indah. Sebenarnya sih bukan indah, tapi indah sekali. Ngopi² sudah, eksplor sudah dan jeprat jepret sudah. Saatnya balik turun ke Pasar Kaliangkrik diantar Mas Badi trus lanjut pake angkot ke 'Perdana' di Kota Magelang. Kalau aku hitung waktunya paling² cuma perlu waktu satu jam an dari Magelang ke NVJ.

Aku janjian bertemu istri di 'Perdana' karena biar hemat waktu dan ga bolak balik ke penginapan. Menunggu sesaat, istriku muncul turun dari angkot. Lantas kita menuju alun² pake becak yang sedari tadi belum dapat penumpang. Si Bapak becak minta 20 K ke alun², tanpa kutawar aku iyakan permintaannya. Becak baru jalan sedikit, aku harus turun ikut mendorong becaknya pas jalannya menanjak. Alhamdulillah, enjoy aja meski banyak mata memandang ke arah kami.

Ayam geprek dan sup buah menjadi pilihan kami ketika menikmati kulineran di Food Center Alun² Magelang. Dari situ lanjut pake angkot no. 4 turun di Jalan Ikhlas membeli oleh² Toko Endang Jaya. Hanya getuk dan jenang yang kami beli sebagai oleh² khas Magelang.

Buru² deh balik ke penginapan, kemas barang lalu check out dan siap meluncur ke home sweet home di Malang dengan Bus Handoyo karena udah kangen ketemu anak dan cucu.