BERAMAL LEWAT TULISAN

Rabu, 20 April 2011

Ada Yang Lain di Delhi (Explore INDIA-4)







PINDAH HOTEL atau tempat tinggal sementara di negeri orang sudah biasa kulakukan, apalagi setelah dihitung-hitung budgetnya bakalan meleset membengkak. Jurus ini sangat membantu menyelamatkan budget yang ada. Di Karol Bagh tempat aku menginap sudah dua kali aku ganti hotel dari rate yang biasa ke rate yang lebih rendah, kalau fasilitasnya cuma beda sedikit mengapa tidak dieksekusi, khan lumayan kelebihan budget bisa untuk beli oleh-oleh. Pengalaman yang sama aku lakukan juga sewaktu di Vietnam, setiap hari pindah hotel cari yang lebih murah tapi oke.

Walaupun namanya hotel, asal yang bukan bintang 3 ke atas apalagi yang namanya hotel budget harganya pasti bisa dinego. Untuk urusan ini pastikan deal harga akhir apa sudah termasuk breakfast dan Luxury Tax ? tanyakan semuanya dengan pasti, biasanya ada juga yang suka ngerjain kita kurang bayar ini dan kurang itulah.



MODA TRANSPORTASI @DELHI


Seperti yang pernah aku ceritakan sebelumnya tentang moda transportasi di Delhi, ada transportasi umum dan pribadi seperti rickshaw atau becak, auto rickshaw atau bajaj, angkot jeep, minibus, bus kuno, bus modern, taksi, kereta api dan Delhi metro.

Kendaraan pribadi yang dipakai masyarakat India juga berbagai macam merk, dari Jepang, Korea dan Eropa atau mobil produk negeri India sendiri. Sedangkan untuk para pejabatnya memakai seperti Fiat lama warna putih. Hal ini bisa kita saksikan di sekitar gedung parlemen atau sekitar presiden palace banyak mobil dinas kuno disana, sedangkan para tamunya yang berdinas di India, atase atau duta besar negara asing pakai mobil mewah bawaan dari negaranya.

Memperhatikan Delhi Metro Station sepertinya kurang aman untuk balita, karena antara teras berhenti dan lintasannya tidak ada pintu pelindung seperti di Singapore atau KL. Hal ini membuat para orang tua harus ekstra hati-hati menjaga buah hatinya karena lintasannya cukup dalam hingga 1,5 meter. Namun untuk Delhi metro ruas New Delhi -> Airport teras berhentinya sudah ada pintunya sehingga lebih aman.



AIRPORT EXPRESS METRO LINE


Kalau mau ke Indira Gandhi International Airport bisa pakai kendaraan apa saja, namun ada yang special menuju kesana, yaitu dengan Express Metro. Naik dari New Delhi Metro Station dan turun di airport (Terminal 3), harga tiketnya hanya 80Rs (16 ribu) kadang-kadang ada program diskon 50%. Jarak dari kota ke airport sekitar 23 km ditempuh dengan express metro hanya 20 menitan sedangkan pakai bus atau lainnya bisa sampai 1 jam. Jalur express metro melewati station New Delhi – Shivaji Stadium – Dhaula Kuan – Delhi Aerocity – Airport – Dwarka sector 21. Keretanya sangat bersih dan di sebelah pintu masuk disediakan tempat barang bawaan (luggage), tempat duduknya menghadap ke depan atau ke belakang. Seperti juga di Kualalumpur, Malaysia ada train KLIA Transit menuju airport naiknya dari KL Sentral tapi tiketnya lebih mahal dibanding dengan Delhi.



INTEREST PLACES for TOURIST


Di sekitar kota Delhi banyak bertebaran obyek wisata yang bisa dikunjungi dengan biaya ekonomis. Berikut obyek-obyeknya :

Akshar Dham Temple, dekat Noida
Baha’I Temple (Lotus Temple), dekat Nehru Place
Dargah Hazrat Nizamuddin
Firozshah Kotla, dekat Bahadur Shah Zafar Narg
Humayun’s Tomb, dekat Mathura road
Hauz Khas, dekat South Green Park
India Gate, dekat Central Secretariate
Jama Masjid, dekat Chandni Chowk
Jantar Mantar Observatory, dekat Sansad Bhawan
Lakshmi Narayan Temple, dekat Mandir Marg
Ladakh Buddha Vihar, dekat ISBT
Lodhi Tombs, dekat Lodhi garden atau Lodhi road
Nehru Memorial Museum, dekat Teen Murti Marg
Purana Qila (Old Fort), dekat Pragti Maidan atau Mathura road
Qutab Minar, dekat Sri Aurobindo Marg
Qutab Complex
Rashtrapati Bhawan dan Central Secretariate, dekat Raisina Hill
Red Fort, dekat Chandni Chowk
SON-ET-LUMIERE
Tughlaqabad, dekat Mehrauli-Badapur road
Vijay Ghat, dekat Raj Ghat
Zoological Park, dekat Mathura road
Tempat shopping : di Jan Path, Shankar Market, Mehrauli Gurgaon road, Panchkulan road, Dilli Haat, Karol Bagh, Chandni Chowk, Ajmal Khan road, Connaught Place dan Pallika Bazaar.

Untuk menuju tempat wisata di atas disamping bisa dicapai dengan Delhi metro bisa juga dengan bus HOHO (Hop on Hop off) yang mengelilingi obyek-obyek wisata di Delhi. Bus semacam ini lebih dulu ada di Kualalumpur, Singapore, Hongkong dan kota besar dunia lainnya.

Khusus di berbagai tempat keramaian di Delhi (sub way, pasar, bazaar dll) ada tanda peringatan 'beware pick pocket' / 'awas copet'



http://www.airasia.com/
lonely planet book (india)
www.hotelraunak.com
http://www.hostelbookers.com/
http://www.ihatetaxis.com/



copyright© by RUSDI ZULKARNAIN
email : alsatopass@gmail.com

Tidak ada komentar: